Pages

Subscribe:

Kamis, 22 September 2011

Asap Knalpot Bisa Picu Serangan Jantung

Tidak bisa dipungkiri kalau asap yang keluar dari knalpot memiliki potensi besar untuk merusak kesehatan manusia. Dan yang terbaru, para peneliti Inggris mengemukan bahwa asap knalpot juga dapat memicu serangan jantung pada manusia.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan ada peningkatan risiko serangan jantung pada orang-orang yang menghirup udara dengan kandungan polusi tinggi. Serangan ini bisa terjadi 6 jam pasca orang menghirup udara dengan tingkat polusi yang tinggi.

Para peneliti percaya bahwa asap knalpot yang dihasilkan kendaraan bermotor memang tidak secara langsung menyebabkan serangan jantung, tapi, bila manusia terus-menerus menghirup udara yang terpolusi maka efek negatif akan terjadi terutama pada tingkat harapan hidup masyarakat.

Direktur British Heart Foundation, Prof Jeremy Pearson mengatakan bahwa catatan medis dari hampir 80.000 pasien yang terkena serangan jantung telah dipelajari bersama dengan data polusi udara untuk melihat apakah ada hubungan antara polusi dengan gejala serangan jantung.

"Studi skala besar ini menunjukkan secara meyakinkan bahwa risiko Anda terkena serangan jantung naik, sekitar enam jam setelah menghirup asap knalpot kendaraan," kata Prof Pearson.

"Kita tahu polusi dapat memiliki efek besar pada kesehatan jantung Anda, mungkin karena bisa 'menebalkan' darah untuk membuatnya lebih mungkin untuk membeku, menempatkan Anda pada risiko tinggi serangan jantung," tambahnya lagi.

"Saran kami kepada pasien tetap sama, jika Anda telah didiagnosa dengan penyakit jantung, cobalah untuk menghindari menghabiskan waktu berlama-lama di luar di daerah dimana ada kemungkinan tingkat polusi lalu lintas yang tinggi, seperti pada atau dekat jalan raya," sarannya.

Penelitian ini seolah mempertegas 'ketidak-sehatan' lalu lintas di Bumi setelah sebelumnya beberapa penelitian juga mengatakan kalau asap knlapot juga bisa membuat kerusakan otak dan Alzheimer.

Namun, peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, Krishnan Bhaskaran tidak begitu yakin kalau asap knalpot mampu secara langsung menimbulkan serangan jantung pada seseorang.

Tapi terlepas dari hal itu, kedua peneliti ini sepakat kalau merokok dan diet yang tidak sehat memiliki kecenderungan negatif yang jauh lebih besar daripada asap knalpot.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar